• Mon. Apr 15th, 2024

Pencak Silat

Website untuk para juara

Tips Memasak Bubur Tim untuk MPASI Bayi

Byadmin

Dec 3, 2022
Tips Memasak Bubur Tim untuk MPASI Bayi

Seperti yang kita tahu bahwa bayi yang telah berusia 6 bulan harus sudah diberikan MPASI. Tujuannya agar kebutuhan nutrisi anak menjadi terpenuhi dengan baik.

Bunda bisa memulai dengan pemberian bubur susu. Selanjutnya, bisa memberi bayi bubur tim ketika usianya telah memasuki 7 bulan.

Tips Memberikan MPASI Untuk Bayi

Bagi Bunda yang pertama kali punya anak tentu agak was-was saat pemberian MPASI. Tapi tenang saja karena ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan. Adapun tips yang dimaksud sebagai berikut:

1.   Makanan yang diberikan harus mengandung gizi seimbang

Meski bahan utama untuk memasak bubur tim adalah nasi, Bunda bisa menambah daging maupun sayuran agar kebutuhan bayi terpenuhi dengan baik.  Untuk perkenalkan, tambahkan satu jenis sayuran terlebih dahulu.

Setelah terbiasa, perlahan-lahan bisa dicampur dengan sayuran berbeda. Tidak semua sayuran bisa ditambahkan. Adapun yang paling disarankan adalah brokoli, bayam dan wortel.

2.   Hindari menambahkan gula dan garam ketika bayi belum genap 1 tahun

Bagi Bunda yang ingin membuat MPASI untuk bayi kurang dari satu tahun, disarankan tidak menambah perasa apapun ke bubur yang dibuat. Baik untuk garam maupun gula.

Memberi tambahan gula dan garam ke MPASI justru tidak disarankan untuk bagi yang belum genap 1 tahun. Pasalnya membuat kondisi kesehatan bayi menjadi terganggu.

3.   Pastikan mencuci semua bahan dengan baik sebelum dimasak

Kebersihan bahan saat memasak MPASI juga perlu dipertimbangkan oleh Bunda. Tentunya sebelum seluruh bahan di masak, kamu harus mencuci bersih terlebih dahulu semua bahan tadi.

Jangan sampai MPASI yang akan dikonsumsi bagi justru kurang bersih sehingga rawan terkontaminasi oleh bakteri dan pestisida. Gunakan sabun yang ramah terhadap bahan makanan agar kandungan nutrisi didalamnya tidak berkurang.

4.   Masak hingga benar-benar matang dan teksturnya jadi lembut

Kunci untuk menyajikan bubur tim adalah tekstur nasi, daging dan sayur yang harus sudah lembut. Disarankan untuk memasak seluruh bahan setidaknya 30 menit.

Pastikan nasinya benar-benar mengembang dan berubah menjadi lebih bertekstur lembut. Bagi Bunda yang ingin menambah sayur atau daging, pastikan sayuran dimasak hingga matang dengan bubur tim.

Bagi Bunda yang ingin memberi tambahan daging, pastikan daging yang digunakan telah digiling hingga halus. Agar mendapat tekstur bubur yang lembut, gunakan 300 ml air untuk 10 gram nasi.

5.   Blender agar bubur terlihat dengan baik

Agar tekstur bubur tim tidak terlalu kasar untuk bayi, usahakan Bunda melumat bubur tadi memakai blender. Ada dua cara untuk melumatkan bubur tim yang baik. Bisa setelah seluruh bahan dimasak atau bisa juga setelah bubur matang.

Membuat bubur tim untuk bayi sangatlah mudah karena cukup menggunakan bahan sederhana saja. Saat membuat bubur, gunakan bahan yang benar-benar berkualitas agar memberi hasil yang maksimal.