• Tue. Jan 24th, 2023

Pencak Silat

Website untuk para juara

4 Cara Mendukung Tahap Perkembangan Anak, Mudah Sekali

Byadmin

Dec 10, 2022
4 Cara Mendukung Tahap Perkembangan Anak, Mudah Sekali

Memberikan dukungan terhadap tahap perkembangan kognitif anak bukan hanya dengan menyekolahkan ke sekolah yang terbaik. Tetapi lebih bersifat personal agar sang buah hati merasa aman dan nyaman.

Ada banyak kegiatan sederhana yang dapat orangtua lakukan bersama anak, untuk melihat sampai tahapan manakah perkembangannya. Apa sajakah itu? Simak penjelasan di bawah ini.

Cara Mendukung Tahap Perkembangan Anak

Padahal tahap perkembangan kognitif usia dini orang tua juga bertanggung jawab untuk mendampingi nya. Sehingga tidak selayaknya jika seluruh proses tersebut diserahkan langsung ke lembaga pendidikan.

Ada banyak aktivitas sederhana yang bisa dilakukan orang tua untuk mendukung tahap perkembangan.  Bahkan sebagian besar tidak memerlukan biaya  kecuali waktu dan dan kesinambungan.

Memberikan Makanan yang Bernutrisi

Salah satu cara terbaik untuk memastikan bahwa anak mengalami tahap perkembangan kognitif secara optimal adalah dengan memberikan nutrisi yang tepat. Sebab seluruh zat gizi tersebut dibutuhkan untuk proses metabolisme tubuhnya.

Terutama dengan nutrisi yang berhubungan dengan perkembangan otak yang akan memampukan setiap sel bertumbuh dengan optimal. Namun bukan berarti kebutuhan gizi yang lain diabaikan.

Sebab nutrisi lainnya akan digunakan tubuh untuk bertumbuh serta memperkuat imunitas nya. Single seluruh proses metabolisme yang dibutuhkan dapat bekerja dengan baik untuk mendukung kemampuan otak merekonstruksikan pengetahuan.

  • Memberikan Aktivitas Edukasi

Perkembangan kognitif selalu berhubungan dengan kemampuan otak untuk merekonstruksikan pengetahuan.  hal tersebut dapat didukung dengan memberikan stimulan berupa aktivitas edukasi sesuai dengan umurnya.

Anda dapat memberikan berbagai media yang bisa digunakan untuk membantunya merekonstruksi keterampilan yang baru. Pilihannya antara lain adalah buku cerita khusus untuk anak-anak, lembaran mewarnai, ataupun bermain lilin mainan.

  • Berperan Sebagai Role Model

Orang tua juga wajib berperan sebagai role model yang ideal agar anak dapat meniru perilakunya dengan tepat.  Misalkan, jika Anda menginginkan sang buah hati rajin membaca buku, maka mau tidak mau perkenalkanlah buku bacaan sejak dini.

  • Memberikan Pertanyaan Sederhana

Salah satu tanda perkembangan kognitif anak berjalan dengan baik adalah mampu Mendeskripsikan benda dengan caranya sendiri.  Hal ini bisa dilakukan dengan langkah yang sangat sederhana.

Buatlah sebuah pertanyaan sederhana yang membuat anak perlu mendeskripsikan suatu benda. Tapi pastikanlah bahwa sang buah hati melihat benda tersebut secara nyata. Sebab ia masih membutuhkan objek nyata sebagai bagian dari pembelajarannya.

  • Bernyanyi

Cara yang menyenangkan untuk membangun pengetahuan anak adalah dengan menyanyikan lagu-lagu yang berhubungan dengan kemampuan baru. Misalkan anda ingin mengenalkan angka.

Oleh karena itu langkah baiknya jika menyanyikan lagu “Satu-Satu Aku Sayang Ibu” bersama-sama. Dari lagu itu ia akan belajar bagaimana mengurutkan bilangan dengan tepat.

Di tengah-tengah orang tua berbondong-bondong menyekolahkan anak pada usia dini,  Anda tetap wajib  melakukan hal yang untuk mendukung tahap perkembangan kognitif si Kecil.